Laman

Selasa, 15 Maret 2016

Tabung pemadam api ringan

Tabung pemadam api ringan sekarang ini semakin populer sekali dan maju karena begitu sangat pesat sekali. Tetapi alat pemadam api harus dilakukan perawatan secara rutin oleh tenaga yang sangat professional sekali agar tidak terjadi kerusakan. Tetapi bila kita membeli tabung pemadam ringan kita harus melakukan penempatan dengan baik dan benar sekali agar tidak salah melakukan penempatan. Point – point yang harus diperhatikan antara lain Penempatan APAR (sesuai dengan yang direkomendasikan atau tidak), Bebas halangan dan mudah terlihat,terdapat Operating Instruction yang dapat terbaca dengan jelas, segel & indikator tekanan tidak rusak, pecah, patah, atau hilang, berat yang sesuai dengan kapasitasnya, Indikator tekanan berfungsi dengan baik, untuk unit dengan roda, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut pada roda tersebut, terdapat label pada alat pemadam api tersebut (berkaitan denga jenisnya).

tabung pemadam


Biasanya dilakukan pengujian secara internal apabila membeli tabung pemadam api dan pemeriksaan secara rutin dan tahunan secara lengkap dan berkala dan sangat direkomdasikan untuk pemadam api ringan. Pengujian ini biasanya dilakukan dengan cara membongkar secara keseluruhan bagian tabung pemadam api ringan untuk memeriksa katub (valve) dan alat pengukur tekanan (pressure gauge). Setelah itu tabung dirakit dan diisi kembali dengan media pemadaman selanjutnya diberi tekanan sesuai dengan ketentuan. Perawatan seperti ini harus dilakukan oleh seseorang yang mempunyai keahlian khusus dan menggunakan spare part yang direkomendasikan oleh pabrikan alat pemadam api ringan tersebut dibuat.

Perawatan tabung pemadam


Adapun perawatan tabung pemadam yang harus anda lakukan untuk mengatasi segala kerusakan yang terjadi pada tabung pemadam tersebut. Adapun langkah – langkah perawatan tabung pemadam yang harus anda perhatikan sebagai berikut pastikan posisi jarum Pressure (Tipe Stored Pressure) pada posisi terisi gas atau zona Hijau pada kontrol Pressurenya, pada tabung Cartridge pastikan posisi segelnya tidak lepas, pastikan posisi segel dalam kondisi baik dan di corong tidak ada noda dari agent, sebaiknya tabung selalu dalam keadaan bersih agar terhindar dari korosi dan debu yang dapat menutup Pressure kontrolnya, secara periodik balik posisi tabung khususnya tabung yang berisi bubuk agar posisi bubuk di dalamnya tidak membeku kemudian posisikan lagi seperti semula.

tabung pemadam


Pastikan posisi gantungan tabung Alat Pemadam Api dalam keadaan kuat agar tidak mudah jatuh, Untuk tabung beroda berikan pelumas pada rodanya agar tidak macet dan pastikan juga untuk posisi ban dan Hangernya dalam keadaan baik, Usahakan posisi Alat Pemadam Api ditempatkan pada posisi yang mudah dijangkau oleh orang agar jika terjadi Kebakaran bisa cepat dalam penanganannya (Quick Response). Hindari penempatan Alat Pemadam Api dari kontak langsung dengan matahari atau hujan. Sebaiknya diberi penutup dan pelindung jika posisi berada di luar (Outdoor). Itulah langkah – langkah yang harus anda hadapi dan semoga langkah – langkah ini dapat membantu anda dalam melakukan perawatan untuk tabung pemadam.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar